assalamualaikum.wr.wb
hello :)
lagi ya, mau berbagi info. enjoy!
Sejarah dan Perkembangan Facebook
Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa
semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk
rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not
menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu
menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua
pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang
paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini,
Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan
cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.1
Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya
untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak
kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti
dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya
dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas
tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan
pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya,
namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi
alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan
“Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs
serupa”.
2004
Tidak kapok, pada semester berikutnya,
tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs
baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL:
http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg
berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat
media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu
bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa
mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.2
Saat pertama kali diluncurkan “The
Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh
menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup
lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya,
sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com.
Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz
(programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes.
Bulan maret 2004, thefacebook.com
mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke
sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy
League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di
hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg,
McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di
sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker.
Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.
2005
Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join
venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook
secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD
200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi
sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com.
Pada tahun 2005 ini juga, facebook
telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di
tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya,
Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook.
2006
Awal tahun 2006, Facebook
diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750
juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini
tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana
segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners,
dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai
merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel
dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status
registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia.
2007
Bulan September 2007, Microsoft
mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar.
Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, Viacom, Friendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo!
telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007,
seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60
juta di Facebook.
2008
Pada Agustus 2008, majalah Business Week
melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook
sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar
sampai USD 5 miliar
Situasi Situs
Pengguna Facebook kini dapat
bebas bergabung ke banyak jaringan yang diatur berdasarkan kota, lokasi
kerja, sekolah maupun negara. Jaringan-jaringan ini kemudian akan
menghubungkan para anggotanya. Sesama pengguna dapat berhubungan dengan
teman-temannya dan bisa saling melihat isi profil pribadi.
Situs Facebook mendapatkan pemasukan
utama dari iklan-iklan yang terpasang padanya. Para pengguna bebas
membuat profilnya masing-masing yang di dalamnya bisa berisi foto dan
info-info pribadi lainnya. Selain itu dapat juga saling mengirim pesan,
bergabung dengan sebuah grup atau lebih. Secara default, Facebook
mengatur profil pengguna hanya bisa diakses oleh sesama pengguna yang
telah berteman. Namun pengaturan ini bisa nanti dirubah jika diinginkan.
Microsoft adalah mitra eksklusif
Facebook dalam menayangkan iklan-iklan banner. Inilah sebabnya mengapa
Facebook hanya menayang iklan-iklan yang termuat dalam jaringannya
Microsoft. Menurut comScore (situs periset internet marketing) saat ini
Facebook mengumpul data pengguna sebanyak yang dikumpulkan oleh Google
dan Microsoft.
Dalam hal tampilan, Facebook sering dibanding-bandingkan dengan MySpace dan Friendster.
Namun perbedaaan utama antara mereka ialah MySpace dan Friendster
mengizinkan pengguna mendekorasi tampilan profilnya dengan fitur HTML
dan CSS, sedangkan Facebook hanya mengizinkan fitur teks saja sehingga
semua tampilan profil pengguna terlihat seragam.
Fitur
Facebook memiliki sejumlah
fitur interaksi antar sesama pengguna yang di antaranya adalah fitur
‘Wall/Dinding’, ruang tempat sesama pengguna mengirimkan pesan-pesan
terbuka, ‘Poke/Colek’, sarana untuk saling mencolek secara virtual,
‘Photos/Foto’ ruang untuk memasang foto, dan ‘Status’ yang menampilkan
kondisi/ide terkini pengguna. Mulai Juli 2007, Facebook
mengizinkan pengguna untuk mengirim berbagai lampiran (tautan,
aplikasi, dsb) langsung ke Wall/Dinding, di mana sebelumnya yang
diizinkan hanya teks saja.
Seiring perjalanan waktu, Facebook
menambahkan beberapa fitur baru ke dalam situsnya. Pada September 2006,
Facebook mengumumkan peluncuran News Feed/Rangkaian Kabar Berita yang
berisi kilasan informasi dari masing-masing pengguna. Mulanya fitur ini
bersifat terbuka dan bisa dilihat oleh siapa saja. Namun setelah
mendapat keluhan dari beberapa pengguna, pihak Facebook merubah
pengaturan fitur ini sehingga kini pengguna dapat mengatur mana yang
bisa ditampilkan di News Feed/Rangkaian Kabar Berita dan mana yang
tidak.
Fitur Catatan/Notes ditambahkan pada 22 Agustus 2006. Dalam fitur ini pengguna bisa mengimpor tulisannya di blog lain (Xanga, LiveJournal, Blogger,
dll) untuk ditampilkan di Facebook. Tanggal 7 April 2008, Facebook
meluncurkan salah satu fitur favorit yaitu ‘Chat/Obrolan’, tempat di
mana para pengguna bisa saling berkirim pesan pribadi secara langsung
dan real time.
Fitur ‘Gifts/Hadiah’ dimulai pada 8
Februari 2007. Fitur ini adalah fitur untuk saling berkirim hadiah.
‘Hadiah’ bisa dibeli dengan harga USD 1 dan ditambahkan pesan pribadi.
Tanggal 14 Mei 2007, Facebook memperkenalkan ‘Marketplace’ yang
mengizinkan pengguna untuk beriklan secara gratis. Fitur beriklan gratis
ini dibuat untuk menyaingi fitur serupa yang diperkenalkan oleh Craiglist.
Juli 2008, Facebook merapikan tampilan
situs sehingga setiap kategori (dinding, info, foto, dll) memiliki
tab-tab terpisah. Mulai Maret 2009, Facebook merapikan tampilan
“Home/Beranda”.
Platform
Pada 24 Mei 2007, Facebook
mempromosikan Facebook Platform. Ini adalah sarana bagi para pengembang
software untuk menciptakan aplikasi yang bisa digunakan di Facebook.
Langkah ini segera disambut oleh para pengembang software sehingga
sampai 25 Maret 2009 tercatat ada 52.000 aplikasi dengan jumlah
pengembang sebanyak 660.000 pihak.
ok. ini dulu ya. semoga bermanfaat
wassalamualaikum.wr.wb
bye :)
0 komentar:
Posting Komentar