hello :)
mau berbagi info lagi ya. enjoy!
Instagram
adalah sebuah aplikasi berbagi foto yang memungkinkan pengguna mengambil
foto, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan
jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri. Satu fitur yang unik
di Instagram adalah memotong foto menjadi bentuk persegi, sehingga
terlihat seperti hasil kamera
Kodak Instamatic dan Polaroid. Hal ini berbeda dengan rasio aspek 4:3
yang umum digunakan oleh kamera pada peralatan bergerak.
Instagram dapat digunakan di iPhone, iPad atau iPod
Touch versi apapun dengan sistem operasi iOS 3.1.2 atau yang
terbaru dan telepon kamera Android apapun dengan sistem operasi
2.2 (Froyo) atau yang terbaru. Aplikasi ini tersebar melalui Apple App
Store dan Google Play.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Facebook setuju
mengambil alih Instagram dengan nilai sekitar $1 miliar.
Sejarah
Burbn, Inc.
Berdiri pada tahun 2010 perusahaan Burbn, Inc., merupakan sebuah teknologi
startup yang hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon
genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri memiliki fokus yang terlalu banyak di
dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO, Kevin Systrom dan juga Mike Krieger,
memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal saja. Setelah satu minggu mereka
mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus, pada akhirnya mereka membuat
sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya masih ada beberapa hal yang
belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final, adalah aplikasi yang sudah dapat
digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan
fitur-fitur. Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi
fitur-fitur yang ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya
memfokuskan pada bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai
sebuah foto. Itulah yang akhirnya menjadi Instagram.
Nama Instagram
Nama instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi
ini. Kata “insta” berasal dari kata “instan”, seperti
kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan sebutan “foto
instan”. Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan, seperti
polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata
“telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan
informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang
dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga
informasi yang ingin disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena
itulah Instagram berasal dari instan-telegram.
Pada tanggal 9 April 2012, diumumkan bahwa Instagram akan diambil alih oleh
Facebook senilai hampir $1 miliar dalam bentuk tunai dan saham.
Fitur-fitur Instagram
Pengikut
Sistem sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun
pengguna lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian komunikasi
antara sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda
suka dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.
Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting, dimana jumlah tanda suka
dari para pengikut sangat mempengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi
sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk menemukan teman-teman yang ada di
dalam Instagram. Juga dapat menggunakan teman-teman mereka yang juga
menggunakan Instagram melalui jejaring sosial seperti Twitter dan
juga Facebook.
Mengunggah Foto
Kegunaan utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan
berbagi foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang hendak ingin diunggah
dapat diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto
di iDevice tersebut.
Kamera
Foto yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat disimpan
di dalam iDevice tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram juga
dapat langsung menggunakan efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan dari
foto yang dikehendaki oleh sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift yang
fungsinya adalah untuk memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu.
Setelah foto diambil melalui kamera di dalam Instagram, foto tersebut pun juga
dapat diputar arahnya sesuai dengan keinginan para pengguna. Foto-foto
yang akan diunggah melalui Instagram tidak terbatas atas jumlah tertentu,
melainkan Instagram memiliki keterbatasan ukuran untuk foto. Ukuran yang
digunakan di dalam Instagram adalah dengan rasio 3:2 atau hanya sebatas
berbentuk kotak saja. Para pengguna hanya dapat mengunggah foto dengan format
itu saja, atau harus menyunting foto tersebut dulu untuk menyesuaikan format yang
ada. Setelah para pengguna memilih sebuah foto untuk diunggah di dalam
Instagram, maka pengguna akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk menyunting
foto tersebut.
Efek Foto
Pada versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek-efek yang dapat digunakan
oleh para pengguna pada saat mereka hendak menyunting sebuah foto. Efek
tersebut terdiri dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan,
Inkwell, Walden, Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord
Kelvin. Namun tepat pada tanggal 20 September yang lalu Instagam telah
menambahkan 4 buah efek terbaru yaitu; Valencia, Amaro, Rise, Hudson dan telah
menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham dari dalam fitur tersebut. Di
dalam pengaplikasian efek sekalipun para pengguna juga dapat menghilangkan
bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek tersebut. Fitur lainnya
yang ada pada bagian penyuntingan adalah Tilt-Shift. Tilt-shift ini, sama
fungsinya dengan efek kamera melalui instagram, yaitu untuk memfokuskan satu
titik pada sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi buram. Dalam penggunaannya
aplikasi Tilt-Shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi panjang dan juga bulat.
Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya, juga titik fokus yang
diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto disekeliling titik fokus
tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur tingkat buram pada sekeliling
titik fokus di dalam foto tersebut.
Judul foto
Setelah foto tersebut disunting, maka foto akan dibawa ke halaman
selanjutnya, dimana foto tersebut akan diunggah ke dalam Instagram sendiri
ataupun ke jejaringan sosial lainnya. Dimana di dalamnya tidak hanya ada
pilihan untuk mengunggah pada jejaringan sosial atau tidak, tetapi juga untuk
memasukkan judul foto, dan menambahkan lokasi foto tersebut. Sebelum mengunggah
sebuah foto, para pengguna dapat memasukkan judul untuk menamai foto tersebut
sesuai dengan apa yang ada dipikiran para pengguna. Judul-judul tersebut, para
pengguna dapat menyinggung pengguna Instagram lainnya dengan mencantumkan akun
dari orang tersebut. Para pengguna juga dapat memberikan label pada judul foto
tersebut, sebagai tanda untuk mengelompokkan foto tersebut di dalam sebuah
kategori.
Arroba
Seperti Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki
fitur yang dimana para penggunanya dapat menyinggung pengguna lain yang juga,
dengan manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan akun Instagram dari pengguna
tersebut. Para pengguna tidak hanya dapat menyinggung pengguna lainnya di dalam
judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Para pengguna dapat
menyinggung pengguna lainnya dengan memasukkan akun Instagram dari pengguna
tersebut. Pada dasarnya dalam menyinggung pengguna yang lainnya, yang
dimaksudkan adalah untuk berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung
tersebut.
Label Foto
Sebuah label di dalam Instagram adalah sebuah kode yang
memudahkan para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan “kata
kunci”. Dengan demikian bila para pengguna memberikan label pada sebuah foto,
maka foto tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan. Label itu sendiri dapat
digunakan di dalam segala bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto itu
sendiri. Para pengguna dapat memasukkan namanya sendiri, tempat dimana
mengambil foto tersebut, untuk memberitakan sebuah acara, untuk menandakan
bahwa foto tersebut mengikuti sebuah lomba, atau untuk menandakan bahwa foto
tersebut dihasilkan oleh anggota komunitas instagram. Foto yang telah diunggah,
dapat dimasukkan label yang sesuai dengan informasi yang bersangkutan dengan
foto. Pada saat ini label adalah cara yang terbaik jika kita hendak
mempromosikan foto di dalam instagram.
§ Perlombaan
Sebagai sebuah medium untuk mengundah foto, salah satu kegunaan dari
Instagram sendiri adalah untuk menjadi tempat ajang lomba fotografi. Di
dalam perlombaan ini, para penyelenggara lomba menggunakan tanda label untuk
menandakan bahwa foto yang telah diunggah tersebut telah mengikuti lomba
tersebut. Sebuah perlombaan foto melalui Instagram adalah salah satu cara untuk
membuat sebuah produk lebih dikenal oleh masyarakat luas. Penyelenggara juga
memberikan jangka waktu tertentu agar makin banyak pengguna dari instagram yang
mengikuti perlombaan tersebut. Pada umumnya perlombaan yang diadakan melalui
instagram ini, tidak hanya memberikan hadiah, melainkan juga dengan menjadi
pemenang maka akan lebih dikenal lagi di dalam dunia Instagram oleh para
pengguna lainnya. Hal ini memungkinkan pengikut dari pengguna Instagram
tersebut akan bertambah banyak.
§ Publikasi Kegiatan
Sosial
Sebagaimana kegunaan sosial media lainnya, Instagram menjadi sebuah medium
untuk memberitakukan mengenai sebuah kegiatan sosial, dari berbagai segi manca
negara ataupun lokal. Cara yang digunakan untuk mengikuti hal ini adalah dengan
menggunakan label instagram. Dengan menggunakan label yang membahas mengenai
kegiatan sosial, maka makin banyak masyarakat yang mengikuti hal tersebut.
Dengan demikian instagram menjadi salah satu alat promosi yang baik dalam
menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label #thisisJapan
projek dimana dia menggunakan label di dalam instagram untuk menarik perhatian
para masyarakat international untuk membantu bencana alam yang terjadi di
Jepang pada awal tahun lalu.
§ Publikasi Organisasi
Di dalam Instagram juga banyak organisasi-organisasi yang mempublikasikan
produk mereka. Contohnya saja seperti Starbucks, Red Bull, Burberry,
ataupun Levi’s. Banyak dari produk-produk tersebut yang sudah
menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produk-produk
terbarunya kepada masyarakat, hal ini dikarenakan agar mereka tidak harus
mengeluarkan biaya sepersenpun untuk melakukan promosi tersebut. Tidak hanya
itu saja, tetapi melalui instagram para produk tersebut dapat berinteraksi
secara langsung dengan para kustomer mereka. Hal ini juga dimanfaatkan oleh
para produk-produk tersebut, untuk mendapatkan konsumer lebih banyak lagi,
terlebih lagi bila mereka ingin mendekati kustomer yang belum pernah
menggunakan produk mereka. Lebih banyak lagI organisasi yaNG menggunaKAN
instagram sebagai sebuah media informasi kepada masyarakat luas.
Geotagging
Setelah memasukkan judul foto tersebut, bagian selanjutnya adalah bagian
Geotag. Bagian ini akan muncul ketika para pengguna iDevice
mengaktifkan GPS mereka di dalam iDevice mereka tersebut. Dengan
demikian iDevice tersebut dapat mendeteksi lokasi dimana para pengguna
Instagram tersebut berada. Geotagging sendiri adalah
identifikasi metadata geografis dalam sebuah media situs ataupun
foto. Dengan geotagging para penguna dapat terdeteksi dimana
mereka telah mengambil foto tersebut atau dimana foto tersebut telah diunggah.
Jejaringan Sosial
Dalam membagi foto tersebut, para pengguna juga tidak hanya dapat
membaginya di dalam Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat dibagi juga
melalui jejaring sosial lainnya
seperti Facebook,Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr, dan juga
posterous, yang tersedia di halaman untuk membagi foto tersebut.
Tanda Suka
Instagram juga memiliki sebuah fitur tanda suka yang dimana fungsinya sama
seperti apa yang ada di dalam Facebook, yaitu sebagai penanda bahwa
pengguna yang lain menyukai foto yang telah diundah oleh pengguna yang lain.
Berdasarkan dengan durasi waktu dan jumlah suka pada sebuah foto di dalam
Instagram, hal itulah yang menjadi faktor khusus yang mempengaruhi apakah foto
tersebut popular atau tidak. Namun dalam hal ini tentu saja, jumlah pengikut
juga menjadi salah satu unsur yang penting. Bila sebuah foto tersebut menjadi
popular, maka secara langsung foto tersebut akan masuk ke dalam halaman popular
tersendiri.
Popular
Bilamana sebuah foto masuk ke dalam halaman popular, yang dimana tempat
tersebut menjadi sebuah kumpulan dari foto-foto popular dari seluruh dunia pada
saat itu. Secara tidak langsung foto tersebut akan menjadi suatu hal yang
dikenal oleh masyarakat mancanegara, sehingga jumlah pengikut pun juga dapat
bertambah lebih banyak juga. Foto-foto yang berada di halaman popular tersebut
pun tidak akan seterusnya berada di halaman tersebut, melainkan dengan
berjalannya waktu akan ada foto-foto popular baru lagi yang masuk ke dalam
daftar halaman tersebut.
Peraturan di dalam Instagram
Sebagai tempat untuk mengundah foto-foto dari masyarakat umum, ada beberapa
peraturan tersendiri dari Instagram, agar para pengguna tidak mengundah
foto-foto yang tidak sesuai dengan peraturan. Peraturan yang paling penting di
dalam Instagram adalah dimana mereka sangat melarang keras untuk foto-foto yang
berbau pornografi, dan juga mengundah foto pengguna lain tanpa meminta
ijin terlebih dahulu. Bila ada salah satu foto dari akun yang terlihat sama
oleh pengguna lainnya, makan pengguna tersebuk memiliki hak untuk menandai foto
tersebut dengan bendera atau melaporkannya langsung kepada Instagram.
ok.sekian infonya semoga bermanfaatuntuk semua
wassalamualaikum.wr.wb
bye :):3
0 komentar:
Posting Komentar